RS di Palembang Menerima Caleg yang Mengalami Depresi akibat Kegagalan di Pemilu 2024

by -97 Views

Kamis, 30 November 2023 – 03:36 WIB

Palembang – Bagi calon anggota legislatif (Caleg) yang gagal terpilih dalam Pemilu 2024 dan mengalami gangguan kejiwaan, Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Ernaldi Bahar Palembang, Sumatera Selatan, siap menampung.

Hal ini diungkapkan oleh Kasi Perawatan Rawat Inap RSJ Ernaldi Bahar Palembang, Nuriah. “Kami akan menerima siapapun, termasuk bagi para caleg yang gagal dan mengalami masalah kejiwaan,” kata Nuriah pada Rabu, 29 November 2023.

Meski RSJ Ernaldi Bahar Palembang telah merawat para caleg yang mengalami depresi, mereka tidak memiliki ruangan khusus. Semua ruangan dapat ditempati oleh siapapun tanpa perbedaan pelayanan maupun perawatan.

“Intinya, orang yang sakit jiwa bisa mendapatkan pengobatan di sini, tidak ada pelayanan khusus. Hanya mereka (pasien) bisa memilih mau dirawat di kamar kelas apa. Perbedaannya hanya dari fasilitas, bukan pelayanan,” ujar Nuriah.

Kepala Instalasi Humas dan Layanan Pengaduan RSJ Ernaldi Bahar Palembang, Iwan Andhyantoro, menambahkan bahwa sebelumnya pasien ODGJ di RSJ Ernaldi Bahar berasal dari latar belakang politik dan dirawat selama beberapa kali. Namun, pihak rumah sakit tidak dapat memberikan informasi lebih lanjut karena berkaitan dengan kode etik.

“Anak dokter, dokter pun ada, untuk yang caleg belum ada ya, tapi anak dari pejabat politik pernah di sini dan sampai saat ini juga masih ada yang mengulang pengobatan,” kata Iwan.