Debat Sengit! Mahasiswa Tantang Rocky Gerung: Bisa Pintar, Tapi Jangan ‘Goblok’

by -531 Views

Jakarta – Pengamat politik Rocky Gerung terlibat dalam perdebatan sengit dengan seorang mahasiswa dalam acara diskusi dan diseminasi mahasiswa yang membahas capres cawapres di DBL Arena Surabaya, beberapa hari lalu. Pada saat itu, Rocky hadir sebagai pembicara.

Momen perdebatan antara Rocky dan mahasiswa terjadi ketika pasangan capres cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar belum tiba di lokasi. Saat itu, Rocky ditanyai berbagai pertanyaan oleh beberapa mahasiswa.

Selama sesi dialog bebas, Rocky menerima pertanyaan dari seorang mahasiswa laki-laki yang berada di tribun atas. Pertanyaan dari mahasiswa yang tak diketahui namanya itu membuat Rocky berkali-kali menjawab hingga terjadi adu argumen.

Perdebatan itu kemudian menjadi viral di media sosial. Beberapa yang mengunggah adu argumen antara mahasiswa dengan Rocky adalah akun Youtube Hersubeno Point dalam streamed live dan YouTube tvOneNews.

“Ini pertanyaan terakhir ya, setelah itu saya pulang,” kata Rocky dengan nada bercanda seperti yang dikutip pada Minggu, 26 November 2023.

Mahasiswa itu kemudian mengungkapkan argumennya dengan menyebut Rocky sebagai figur pintar namun memanfaatkan kebijakannya sendiri dengan buruk. Dia juga menyebut bahwa ketidaksopanan Rocky telah mulai terlihat jelak. Suasana DBL Arena pun menjadi riuh dengan teriakan dan tepuk tangan ribuan mahasiswa yang hadir.

Dalam tanggapannya, Rocky merespon dengan tenang dan santai. Dia juga menjelaskan bahwa tidak mungkin baginya untuk kurang ajar di depan mahasiswa. Namun, mahasiswa tersebut menantang Rocky untuk diskusi selama 11 jam.

Selain itu, ada juga mahasiswa lain yang bertanya soal keyakinan Rocky terhadap Pancasila dan apakah Rocky percaya Pancasila sebagai norma dasar menurut teori Grundnorm dari ahli hukum asal Jerman, Hans Kelsen.

Demikianlah perdebatan sengit antara Rocky Gerung dan seorang mahasiswa tersebut.