BRI Berharap Mencapai Nilai Transaksi Rp 1,24 Triliun di UMKM Expo Brilianpreneur 2023

by -123 Views

Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Sunarso, menargetkan nilai transaksi di acara UMKM Expo(RT) Brilianpreneur bisa mencapai hingga US$80 juta, atau sekitar Rp 1,24 triliun. Hal itu diungkapkan dalam konferensi pers BRI UMKM Expo(RT) Brilianpreneur 2023, dengan tema ‘Crafting Global Connection’. Acara tersebut akan digelar pada tanggal 7-10 Desember 2023, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

Sunarso menjelaskan bahwa target nilai transaksi Program UMKM Expo(RT) Brilianpreneur terus naik dari tahun ke tahun. Pada penyelenggaraannya di tahun kelima ini, nilai ideal forum business matching awalnya hanya sebesar US$33,5 juta, kemudian naik di tahun 2020 menjadi US$57,5 juta, dan di tahun 2021 naik lagi hingga US$72,1 juta. Pada tahun 2022, nilai transaksi mencapai US$76,7 juta, dan kini ditargetkan mencapai US$80 juta.

Pada gelaran BRI UMKM Expo(RT) Brilianpreneur sebelumnya, pelaku UMKM memiliki peluang menjajaki kerja sama dengan para calon pembeli dari berbagai negara melalui virtual business matching. Untuk gelaran tahun ini, rangkaian acara virtual business matching akan digelar pada 27-29 November 2023.

Sunarso menegaskan bahwa beberapa pasar potensial dari negara-negara seperti Jepang, Hong Kong, UEA, Taiwan, Malaysia, Korea Selatan, AS, Meksiko, Kanada, Belanda, Italia, Australia, dan Selandia Baru menjadi target pada virtual business matching kali ini. Dia berharap agar para pelaku UMKM dapat terus mendapatkan kesempatan ekspor dan berpenetrasi di pasar internasional, karena UMKM merupakan tulang punggung bagi perekonomian Indonesia.

Pada penyelenggaraan UMKM Expo(RT) Brilianpreneur 2023, sudah ada sebanyak 3.183 UMKM yang mendaftar via website brilianpreneur.com. Dari jumlah tersebut, akan dipilih 500 pelaku UMKM yang akan dihadirkan pada showcase di JCC Senayan.