Agenda Lengkap Paripurna DPR Selain Sahkan Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI

by -137 Views

Pada Selasa, 21 November 2023 – 10:50 WIB

Jakarta – DPR RI dijadwalkan akan mengadakan rapat paripurna untuk mengesahkan Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI terpilih sebelum dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pengesahan ini melalui rapat paripurna yang diadakan hari ini, Selasa, 21 November 2023.

Agenda ini diterima oleh VIVA, rapat paripurna diadakan pada pukul 10.00 WIB yang dimulai dengan laporan Komisi I terhadap hasil uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap Jenderal Agung sebagai calon tunggal Panglima TNI. Setelah itu, dilanjutkan dengan pengambilan keputusan.

“(Didahului pelantikan pengganti antarwaktu anggota DPR/MPR RI sisa masa jabatan tahun 2019-2024,” demikian tertera susunan agenda rapat paripurna tersebut.

Ketua DPR RI, Puan Maharani, juga memastikan jadwal paripurna DPR untuk mengesahkan Agus Subiyanto sebagai pucuk pimpinan TNI menggantikan Yudo Margono.

Selain mengesahkan Panglima TNI yang baru, anggota DPR RI juga akan mengambil keputusan atas RUU tentang Pengesahan Treaty on the Prohibition of nuclear weapons atau traktat mengenai pelarangan senjata nuklir pada paripurna hari ini.

Untuk diketahui, Komisi I DPR sudah menggelar fit and proper test terhadap calon Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto pada Senin, 13 November 2023.

Seluruh fraksi di Komisi I DPR dalam pleno juga menyepakati nama Jenderal Agus sebagai Panglima TNI untuk menggantikan Laksamana Yudo Margono. Komisi I DPR juga menyetujui pemberhentian dengan hormat Yudo Margono yang akan memasuki masa pensiun pada akhir bulan ini.

Sebelumnya, Agus Subiyanto belum lama ini dilantik Presiden Jokowi untuk mengisi posisi Kepala Staf TNI AD (KSAD). Jokowi kemudian menunjuk Agus sebagai calon tunggal Panglima TNI.