Prabowo-Gibran Menang Bersaing dengan Ganjar-Mahfud

by -122 Views

Jumat, 10 November 2023 – 18:12 WIB

Jakarta – Lembaga Survei Poltracking Indonesia merilis hasil survei terbarunya dalam simulasi dua nama atau head to head antara pasangan calon presiden dan wakil presiden, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dengan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Hasilnya, Prabowo-Gibran unggul dengan perolehan suara sebesar 49,9 persen. Sementara pasangan Ganjar-Mahfud hanya memperoleh suara sebesar 32,9 persen.

“Ini kalau diasumsikan Anie yang tidak lolos pada putaran pertama, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, berhadapan dengan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, dengan hasil Prabowo-Gibran 49,9 persen dan Ganjar Mahfud 32,9 persen,” kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda AR dalam paparannya secara daring, Jumat, 10 November 2023.

Di sisi lain, pasangan Prabowo-Gibran juga unggul dalam simulasi head to head melawan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Prabowo-Gibran memperoleh suara sebanyak 55,8 persen. Sedangkan, pasangan Anies-Cak Imin memperoleh suara 28,8 persen.

Kemudian, pasangan Ganjar-Mahfud unggul jika berhadapan dengan Anies-Cak Imin. Hasil simulasi head to head menunjukkan Ganjar-Mahfud memperoleh 40,9 persen suara, sementara Anies-Cak Imin 33,1 persen suara.

Adapun survei dilakukan pada akhir Oktober hingga awal November 2023 dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling. Sampel pada survei ini sebanyak 1220 responden dengan margin of error kurang lebih 2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Klaster survei menjangkau 38 provinsi seluruh Indonesia secara proporsional berdasarkan data jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 2024, sedangkan stratifikasi survei ini adalah proporsi jenis kelamin pemilih. Metode sampling representasi seluruh populasi pemilih secara lebih akurat. Pengumpulan data dilakukan oleh pewawancara terlatih melalui wawancara tatap muka dengan menggunakan teknologi aplikasi terhadap responden yang telah terpilih secara acak.