Antusias Masyarakat Indonesia dalam Memberikan Bantuan untuk Palestina Sangat Tinggi, Ungkap Jokowi

by -122 Views

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa antusias masyarakat Indonesia untuk memberikan bantuan kepada Palestina sangat tinggi. Pemerintah sedang mempersiapkan untuk pengiriman bantuan berikutnya.

“Antusias masyarakat, antusias ormas untuk memberikan bantuan ke Palestina sangat-sangat tinggi sekali,” kata Jokowi pada Kamis, 9 November 2023. Maka dari itu, Jokowi mengatakan pemerintah harus mempersiapkan secara baik teknis pengiriman bantuan yang diberikan masyarakat Indonesia untuk warga Palestina.

“Barang-barangnya banyak yang sudah siap, hanya perlu persiapan. Persiapan pesawatnya, persiapan timnya, harus kita siapkan secara baik,” ujarnya.

Jokowi meyakini masyarakat Indonesia tidak berhenti pada bantuan pertama dan kedua untuk diberikan kepada warga Palestina. “Mungkin nanti kedua, ketiga, keempat, kelima, saya kira terus akan kita ajak masyarakat untuk membantu saudara kita yang ada di Palestina, di Gaza utamanya,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dijadwalkan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Organisasi Kerja Sama Islam (KTT OKI) di Riyadh, Arab Saudi pada Sabtu, 12 November 2023. Menurut Jokowi, salah satu isu yang akan dibahas terkait Gaza. “KTT OKI ini khusus memang membicarakan Gaza,” kata Jokowi.

Jokowi belum bisa menyampaikan secara detail poin-poin yang akan dibahas dalam KTT OKI. Sebab, Jokowi mengaku baru terbang ke Arab Saudi pada Jumat malam, 10 November 2023. “Belum bicara, tapi yang jelas nanti Insya Allah besok malam saya akan meluncur ke Saudi Arabia untuk ikut dalam KTT OKI khusus Gaza,” ujarnya.

Setelah itu, Jokowi baru terbang ke Amerika Serikat melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Joe Biden di Gedung Putih. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi akan menyampaikan hasil KTT OKI kepada Presiden Joe Biden agar perang di Gaza dihentikan.