Asisten Panglima Tertinggi Ukraina Meninggal Dunia Akibat Ledakan Granat Saat Membuka Hadiah Ulang Tahun

by -122 Views

Selasa, 7 November 2023 – 14:30 WIB

Kiev – Panglima Tertinggi Ukraina mengumumkan pada Senin, 6 November 2023, bahwa asistennya yang berpangkat mayor tewas dalam ledakan ketika menerima hadiah ulang tahun.

“Asisten dan teman dekat saya, Mayor Hennady Chastyakov, tewas secara tragis pada hari ulang tahunnya saat bersama keluarga,” tulis Jenderal Valery Zaluzhnyi melalui aplikasi perpesanan Telegram. “Sebuah alat peledak yang tidak diketahui meledak di salah satu hadiahnya,” tambahnya seperti dilansir dari Alarabiya, Selasa, 7 November 2023.

Menurut laporan sumber keamanan yang dikutip oleh media online Ukrainska Pravda, istri Chastyakov mengatakan bahwa hadiah tersebut berupa botol minuman keras yang berbentuk granat yang dibawanya pulang. Hadiah itu meledak ketika dibuka.

Putra Chastyakov yang berusia 13 tahun juga mengalami luka serius. Chastyakov sendiri adalah lulusan akademi militer dan terlatih dalam menangani granat.

Pekan lalu, Jenderal Zaluzhnyi menulis esai di majalah Economist yang menyebutkan bahwa perang telah memasuki fase baru yang menguntungkan Rusia dan menyerukan penggunaan teknologi yang lebih canggih untuk militer Ukraina. Presiden Volodymyr Zelensky juga membantah anggapan bahwa perang telah mencapai titik buntu.