Prabowo Siap Membagikan Kapal, Mesin, dan Jaring untuk Mengatasi Kemiskinan Nelayan

by -129 Views

Sabtu, 4 November 2023 – 20:50 WIB

Jakarta – Bakal calon presiden (capres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto akan membagi-bagikan kapal, mesin, dan jaring kepada nelayan pesisir Indonesia. Hal ini bertujuan untuk mengatasi kemiskinan para nelayan pesisir.

Menurut Prabowo, kemiskinan nelayan adalah masalah sistemik yang disebabkan oleh pendekatan neoliberal. Akibatnya, tidak ada kesejahteraan karena hanya mengutamakan keuntungan swasta dan pribadi.

“Kita tidak bisa menghilangkan peran swasta, tapi filosofi pendekatan national building adalah pemerintah harus berpihak untuk menghilangkan kemiskinan. Bukan kita serahkan kepada pasar. Pendekatan neoliberal mengatakan bahwa biarkan mekanisme pasar berjalan tanpa banyak intervensi pemerintah. Ini pendekatan yang keliru,” kata Prabowo dalam keterangannya.

Prabowo menyampaikan hal tersebut saat menjawab pertanyaan peserta dalam acara Dialog Cendekia yang diselenggarakan oleh Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) di Makassar.

Ia juga menambahkan bahwa ke depan, pendekatan model neoliberal perlu dihilangkan secara bertahap, dan pemerintah harus berpihak kepada rakyat.

“Jadi, kita perlu pemerintah yang berpihak. Kita hilangkan kemiskinan dengan membagi-bagikan kapal, mesin, dan jaring. Kita bina mereka. Kita organisir kelompok-kelompok nelayan, kita bina, kita beri pelatihan, kita kendalikan,” jelasnya.

Menurut Prabowo, pelatihan ini akan dilakukan oleh para pakar dan anak-anak muda di fakultas yang memiliki keahlian unggul. Anak-anak muda dari fakultas-fakultas akan diajak untuk menjadi manajer para nelayan. Prabowo menekankan pentingnya aktif mengendalikan dan memimpin pertumbuhan ekonomi dari bawah.

Halaman Selanjutnya

Sumber: VIVA/M Ali Wafa