Luhut Ungkap Kondisi Saat Dijenguk Jokowi di Singapura yang Tulus Menyampaikan Rasa Hormat

by -184 Views

Sabtu, 4 November 2023 – 12:57 WIB

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan membagikan momen dirinya dikunjungi oleh Presiden Joko Widodo.

Hal tersebut terlihat dalam postingan akun Instagram resmi Luhut @luhut.pandjaitan. Dalam postingannya, Luhut juga mengunggah foto Jokowi yang datang menjenguknya. Dalam foto tersebut, terlihat Luhut memberi hormat kepada Jokowi.

“Terhitung sudah hampir satu bulan lebih saya berada di Singapura untuk menjalani proses pemulihan tubuh pasca sakit yang saya alami,” demikian seperti dikutip, Sabtu 4 November 2023.

Dalam postingannya tersebut, Luhut mengungkapkan alasan mengapa ia berobat ke Singapura. Dia menyatakan bahwa awalnya ia dirawat di Jakarta sebelum akhirnya dirujuk ke Singapura.

“Saya menyadari banyak pertanyaan yang muncul mengenai mengapa saya tidak berobat di Indonesia, tetapi pergi ke Singapura. Sebenarnya, pengobatan saya dimulai di RS Medistra dan RSPAD Gatot Subroto, di mana saya mendapatkan tindakan medis awal. Kemudian, atas tawaran dari sahabat dan harapan keluarga agar saya mendapatkan lingkungan pemulihan yang lebih optimal, saya dirujuk ke Singapura,” ujarnya.

Pada hari pertama di Singapura, Luhut mengaku benar-benar beristirahat. Ia tidak menerima tamu atau bahkan menerima panggilan telepon.

“Karenanya, pada hari-hari pertama di sini, praktis saya hanya ditemani oleh tim dokter, satu orang ajudan, serta istri dan anak saya. Tidak ada tamu, tidak ada deringan ponsel yang bisa saya jawab – semua harus lewat tangan ajudan, sebuah keputusan berdasarkan kasih yang mendalam. ‘Papa, fokus untuk pulih dahulu, sisanya bisa menunggu.’ Begitulah ucapan istri dan anak saya,” katanya.

Luhut menyatakan bahwa upaya pemulihan yang dilakukan jauh dari rumah adalah pilihan yang bijaksana. Hal itu terlihat dari perkembangan kondisinya yang semakin membaik sampai saat ini.

“Sekarang, saya mulai diperkenankan untuk memegang ponsel sejenak untuk melihat urusan pekerjaan meskipun belum sepenuhnya. Saya juga sudah mulai menerima kunjungan dari Presiden @jokowi, Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin, para Menteri, dan teman-teman terdekat. Rasanya seperti mendapatkan tambahan energi dan semangat untuk pulih kembali,” kata dia.

Luhut juga mengajak masyarakat untuk selalu ingat dan waspada dalam setiap ucapan dan tindakan. Dia menyatakan bahwa manusia hanyalah sekeping kecil di hadapan takdir dan kuasa Tuhan. Oleh karena itu, ia mengajak agar tidak menyombongkan diri.

“Kalau saya ditanya apa dorongan terbesar yang membuat saya bisa sembuh meski usia saya tidak muda lagi? Jawabannya ada dua hal. Pertama, karena sikap pantang menyerah yang saya pelajari ketika berada di Kopassus. Kedua, dan yang paling penting adalah kasih dan pertolongan Tuhan YME. Ada pepatah yang mengatakan bahwa kita tidak akan pernah mengetahui arti dari sesuatu hal sampai kita kehilangannya, dan saya setuju dengan itu. Kita tidak akan pernah mengetahui betapa nikmatnya hidup sehat sampai kita jatuh sakit,” kata Luhut lagi.