Obama Tidak Menggemari PM Israel Netanyahu, Menggambarkannya sebagai Pembual, Berbeda dengan Joe Biden

by -188 Views

VIVA Dunia – Seluruh dunia tahu bahwa di balik serangan Israel terhadap Hamas, ada Amerika Serikat yang mendukung, terutama oleh Presiden Joe Biden.

Sejak awal pecahnya perang pada 7 Oktober, Joe Biden sangat vokal dalam mengutuk Hamas dan sering menyuplai senjata dan uang miliaran dolar ke Israel. Joe Biden dan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu sering melakukan percakapan melalui telepon dan Joe Biden bahkan pernah mengunjungi Israel.

Presiden AS Joe Biden memang menyatakan akan selalu mendukung Israel, meskipun banyak pemimpin global yang mengutuk negara Yahudi tersebut.

Berbeda dengan Joe Biden, mantan Presiden AS ke-44, Barack Hussein Obama sering kali tidak menyukai dan tidak akrab dengan PM Israel tersebut.

Hubungan dingin antara Benjamin Netanyahu dan Barack Obama dimulai pada tahun 2007.

Pertemuan pertama antara Bibi (julukan untuk Netanyahu) dan Barack sebenarnya berlangsung ramah dan penuh hormat di AS, menurut mereka yang hadir saat itu, menurut laporan TIME.

Obama kembali ke Washington setelah kampanye utama. Netanyahu kembali ke Israel di mana dia menjadi pemimpin oposisi di Knesset.

Keduanya tahu bahwa mereka mungkin akan segera berkuasa, dan mereka sadar bahwa mereka harus berusaha untuk mendamaikan perbedaan mereka.

Namun, masalah pertama adalah bahwa mereka berasal dari latar belakang yang sangat berbeda.

Seperti yang dikutip TIME pada tahun 2010, ayah Netanyahu, Benzion, adalah salah satu pemimpin intelektual dari apa yang dikenal sebagai Zionisme revisionis, sementara saudaranya menjadi pahlawan nasional setelah memimpin dan meninggal dalam serangan di Entebbe pada tahun 1976.

Obama sendiri adalah seorang pemeluk agama Kristen dari ayah atheis yang dibesarkan sebagai seorang Muslim. Obama menghabiskan masa kecilnya di sebuah rumah di Jakarta yang tidak memiliki lemari es dan tidak ada toilet, dan dia memiliki bekas luka akibat luka sayatan di lapangan yang dijahit secara asal-asalan di sebuah rumah sakit di Jakarta.

Namun tantangan sebenarnya yang dihadapi keduanya adalah perbedaan kebijakan di Timur Tengah.

Obama mulai menjabat untuk mencapai kesepakatan dengan Iran dan mendorong perdamaian Israel-Palestina. Netanyahu menentang peningkatan hubungan dengan pemerintah teokratis militan anti-Israel di Teheran dan menolak kemungkinan pembentukan negara Palestina.

Dari situlah, hubungan mereka semakin dingin dan tidak pernah dekat.

Namun, yang paling menghebohkan adalah pada tahun 2011, sebelum Obama menjabat sebagai presiden AS untuk kedua kalinya.

Jurnalis yang meliput KTT ekonomi pada 2011 secara tidak sengaja mendengar Presiden Prancis sebelumnya, Nicolas Sarkozy, mengutuk Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan menyebutnya sebagai “pembohong” saat berbicara dengan Presiden AS Barack Obama, menurut laporan yang diterbitkan.

Percakapan pribadi tersebut secara tidak sengaja terekam melalui mikrofon terbuka sebelum konferensi pers Obama-Sarkozy di sela-sela KTT ekonomi G20 di Prancis.

Isinya pertama kali dilaporkan oleh situs Prancis Arret Sur Images, yang mengatakan bahwa wartawan mendengar komentar Sarkozy dalam bahasa Prancis dan jawaban Obama melalui penerjemah. “Saya tidak tahan dengannya. Dia pembohong,” kata Sarkozy tentang Netanyahu, menurut situs web tersebut. Obama pun menjawab, “Anda bosan dengannya; bagaimana dengan saya? Saya harus menghadapinya setiap hari.”

Arret Sur Images mengatakan para jurnalis yang mendengar percakapan tersebut sepakat untuk tidak melaporkannya karena mereka tidak ingin menghadapi kesulitan setelah mengungkapkan bahwa mereka telah mendengarnya.

Namun berita tersebut menyebar cepat di kalangan jurnalis di Paris, dan Arret Sur Images mulai mengumpulkan laporan tersebut. Kantor berita Reuters dan Associated Press mengkonfirmasi laporan tersebut setelah KTT selesai.

Israel tidak menanggapi laporan tersebut, dan Istana Elysee, kantor kepresidenan Prancis, tidak memberikan komentar.

Semua informasi tersebut mencerminkan hubungan antara Amerika Serikat dan Israel di bawah kepemimpinan Joe Biden dan Barack Obama.