Maroko Mengutuk Respons Global yang Lamban terhadap Tindakan Agresi Israel di Gaza

by -160 Views

Kamis, 2 November 2023 – 22:10 WIB

Maroko – Maroko kembali menunjukkan kekecewaan dan kekhawatirannya atas kampanye pembunuhan Israel yang sedang berlangsung, dan mengecam ketidakpedulian masyarakat internasional terhadap penderitaan dan pembunuhan warga Palestina.

Baca Juga:

Israel Bangkrut Karena Biaya Perang Sebesar Rp 3,89T Per Hari

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis Kamis, 2 November 2023, Kementerian Luar Negeri Maroko mempermasalahkan memburuknya situasi kemanusiaan di Jalur Gaza di tengah pemboman terus-menerus yang dilakukan Israel terhadap tempat-tempat ibadah, rumah sakit, dan kamp pengungsi – termasuk kamp pengungsi Jabalia, yang diserang Israel selama dua hari dalam sebuah serangan.

“Peluncuran roket dan peluru ke bangunan sipil secara acak telah meningkat, memaksa lebih dari satu juta orang mengungsi. Penduduknya telah kekurangan air, listrik, dan bahan bakar, sehingga menyebabkan situasi kemanusiaan yang sangat buruk,” kata pernyataan itu, dikutip Kamis, 2 November 2023.

Baca Juga:

Mengapa Semangka Menjadi Simbol Solidaritas Palestina

Menanggapi agresi Israel yang sedang berlangsung, kementerian Maroko menekankan bahwa tindakan eskalasi Israel bertentangan dengan hukum kemanusiaan internasional dan nilai-nilai kemanusiaan yang sama.

Baca Juga:

Apakah Mesir Akan Menerima Warga Palestina yang Terlantar Akibat Perang Israel di Gaza?

“Mereka menandakan perluasan konflik di wilayah Palestina dan penyebaran kekerasan yang berbahaya ke wilayah tetangga, mengancam keamanan dan stabilitas kawasan secara keseluruhan,” tambah pernyataan itu, menyesalkan kelambanan komunitas internasional dan kegagalan Dewan Keamanan memenuhi tanggung jawabnya.

Maroko juga mengutuk “ketidakefektifan negara-negara berpengaruh” dalam mengakhiri situasi buruk di Gaza.
Pernyataan tersebut memperbarui dukungan Maroko terhadap perjuangan Palestina dan otoritas Palestina, serta menyerukan deeskalasi yang akan mengarah pada gencatan senjata. Pemerintah Maroko juga menyerukan fasilitasi akses kemanusiaan tanpa hambatan, serta pembebasan tahanan.

Warga Palestina mengevakuasi korban serangan udara Israel di Rafah, Gaza

Kampanye pembunuhan Israel di Gaza telah menewaskan hampir 8.800 orang, termasuk lebih dari 3.600 anak-anak, dalam waktu hampir sebulan sejak 7 Oktober.

Meskipun ada seruan gencatan senjata atau “jeda kemanusiaan” dari PBB, LSM, kelompok sayap kanan, dan jutaan pengunjuk rasa di seluruh dunia, Israel terus menargetkan warga sipil dengan menembaki kamp pengungsi, rumah sakit, dan daerah pemukiman.

Situasi yang mengerikan ini telah menimbulkan frustrasi dan kemarahan di antara banyak orang, termasuk semakin banyak negara yang menarik duta besar mereka untuk memprotes penolakan Israel terhadap gencatan senjata.

Yordania, Chili, Kolombia telah menarik kembali utusan mereka untuk Tel Aviv, sementara Bolivia telah mengumumkan pemutusan hubungan dengan Israel atas pembantaian Israel di Gaza.