Mengapa Hamas Membangun Terowongan 500 Kilometer di Gaza?

by -139 Views

Rabu, 1 November 2023 – 04:28 WIB

Gaza – Pejabat Hamas Mousa Abu Marzouk menyatakan bahwa terowongan yang dibangun oleh Hamas digunakan untuk melindungi anggotanya, bukan untuk warga sipil.

“Kami membangun terowongan karena kami tidak memiliki cara lain untuk melindungi diri dari serangan dan pembunuhan oleh Israel,” kata Marzouk, seperti dikutip dari The Jerusalem Post, Selasa, 31 Oktober 2023. “Terowongan ini dimaksudkan untuk melindungi kami dari serangan udara. Kami berjuang di dalam terowongan.”

Pernyataan Marzouk ini merupakan jawaban atas pertanyaan mengapa Hamas membangun terowongan sepanjang 500 kilometer. Selain itu, menurut pewawancara, terowongan tersebut tidak digunakan sebagai tempat penyimpanan senjata atau bom.

“Semua orang tahu bahwa 75 persen penduduk Jalur Gaza adalah pengungsi, dan merupakan tanggung jawab PBB untuk melindungi mereka,” lanjutnya. “Menurut Konvensi Jenewa, tanggung jawab pendudukan adalah menyediakan semua layanan saat mereka berada di bawah pendudukan.”

Pernyataan Marzouk ini muncul beberapa hari setelah dua anggota Hamas diinterogasi oleh Shin Bet dan IDF mengakui bahwa Hamas bersembunyi di bawah rumah sakit di Gaza, terutama rumah sakit Al-Shifa, di mana terowongan dan ruang operasi mereka juga berada. Kedua anggota Hamas ini ditangkap pada 7 Oktober setelah serangan di Israel selatan.