Jokowi Memperingatkan Kepala Daerah untuk Memperhatikan Ekonomi menjelang Tahun Politik

by -112 Views

Selasa, 31 Oktober 2023 – 14:30 WIB

Bali – Presiden RI Joko Widodo mengumumkan strategi yang akan diambil untuk menghadapi dampak situasi politik terhadap perekonomian nasional. Terdapat tiga langkah yang sudah dipersiapkan.

Baca Juga :

Puan Benarkan Jenderal Agus Diusulkan Jokowi sebagai Panglima TNI

Langkah pertama yang diungkapkan Jokowi berkaitan dengan stabilitas harga bahan pokok yang saat ini mengalami fluktuasi di pasar. “Yang paling penting adalah mendorong terus produksi produk bahan pokok agar naik, sehingga jika pasokan berlimpah, harga jual tidak ikut naik,” kata Jokowi setelah mengunjungi Pasar Bulan di Kabupaten Gianyar, Bali, Selasa, 31 Oktober 2023.

Baca Juga :

Sah, Laksdya TNI Erwin Resmi Jadi Orang Nomor Dua di Mabesal

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Langkah selanjutnya, Presiden mengakui telah meminta Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman untuk lebih memfokuskan pada bahan pokok beras selama tahun politik.

Baca Juga :

Daftar Harga Pangan 31 Oktober 2023: Cabai hingga Daging Meroket

“Karena dalam hal itu (beras) belum bisa kita kendalikan agar harganya turun meskipun sudah tak terus naik,” katanya.

Ketiga, selain di tingkat nasional, Presiden Jokowi juga mengandalkan kepala daerah untuk ikut mengantisipasi situasi politik terutama terhadap ekonomi di daerah.

Presiden Jokowi memberikan keterangan pers.

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Pada hari Senin kemarin, mantan Wali Kota Solo tersebut menyatakan sudah bertemu dengan para kepala daerah untuk memerintahkan mereka agar segera campur tangan ketika terjadi kenaikan harga.

Dalam hal ini, ia tidak ingin memilih-milih. Menurutnya, semua komoditas harus diantisipasi, bahkan pemerintah daerah diizinkan untuk menggunakan anggaran tak terduga dalam menangani hal ini.

“Dengan anggaran tak terduga baik untuk biaya transportasi distribusi dan mencari pasokan dari tempat produksi, saya yakin hal ini bisa dilakukan,” kata Presiden.

Salah satu contoh yang ia ambil dan menunjukkan kondisi yang masih baik adalah Pasar Bulan, Gianyar, di mana saat ini menjelang tiga bulan menuju Pemilu 2024 harga bahan pokok masih stabil. (Ant)

Halaman Selanjutnya

Sumber : Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden