Prabowo Subianto : Demokrasi akan Lebih Kuat Sekarang dengan Sosial Media

by -219 Views

Jakarta – Presiden terpilih untuk periode 2024-2029, Prabowo Subianto, menegaskan bahwa demokrasi akan semakin kuat di Indonesia karena perkembangan internet dan media sosial.

Beliau menyatakan bahwa demokrasi merupakan sistem pemerintahan yang didasarkan pada kedaulatan rakyat, di mana rakyat memiliki kekuasaan dan hak untuk memilih pemimpin mereka.

“Dikarenakan penduduk Indonesia yang banyak, maka diterapkan sistem perwakilan. Rakyat memiliki kedaulatan untuk memilih wakil-wakil mereka di parlemen, rakyat juga dalam sistem presidensial memiliki hak untuk memilih presiden, bupati, atau gubernur mereka, dan hal ini merupakan kehendak dari rakyat kita,” jelas Prabowo dalam wawancara eksklusif bersama tvOne yang bertajuk “Prabowo Subianto Bicara Untuk Indonesia” pada Rabu malam.

Ketika ditanya apakah pemerintahannya nantinya akan menghambat kritik atau tidak, Prabowo menegaskan bahwa kritik sangat diperlukan asalkan bersifat obyektif.

“Kritik harus dilakukan, hal tersebut merupakan bentuk check and balances yang menjaga keamanan, namun yang penting adalah niat dari kritik tersebut, apakah untuk membangun atau merusak, namun dalam prinsipnya, kritik harus bersifat obyektif,” jawab Prabowo.

Selain itu, Prabowo juga menyatakan bahwa kebebasan pers sangat penting meskipun beberapa media di Indonesia saat ini telah menjadi bagian dari konglomerasi bisnis yang dimiliki oleh segelintir orang.

“Media mainstream merupakan bisnis dan bisnis memiliki pemilik, jadi, apakah media mainstream yang dimiliki oleh beberapa orang tersebut benar-benar mencerminkan kepentingan rakyat atau kepentingan pemiliknya?” ujar Prabowo.

Prabowo berharap bahwa di tengah perkembangan media sosial yang pesat, masyarakat bisa mendapatkan informasi dari berbagai sumber yang lebih luas dan tidak hanya dikuasai oleh segelintir pemilik media.

“Saat ini, ada fenomena baru yaitu revolusi informasi, dengan munculnya media-media baru melalui internet, media sosial, dan lain sebagainya seperti TikTok. Informasi dapat sampai kepada masyarakat dengan cepat,” tutur Prabowo.

“Menurut saya, demokrasi akan semakin kuat, sekarang tidak ada lagi 5-6 orang yang dapat menguasai opini suatu bangsa,” tutupnya.

Source link