Gunung Dempo Masih dalam Status Waspada Level II Pasca Erupsi, Menurut PVMBG

by -61 Views

Sabtu, 1 Juni 2024 – 08:19 WIB

Palembang – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi (PVMBG) menyatakan Gunung Dempo Pagaralam, Sumatra Selatan, berstatus waspada level II usai erupsi.

Ketua Tim Gunung Api PVMBG Heruningtyas dikonfirmasi dari Palembang, Jumat, 31 Mei 2024, menerangkan bahwa saat ini berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental, aktivitas vulkanik gunung Dempo masih berada pada level II waspada usai mengalami erupsi.

PVMBG telah meresume aktivitas gunung Dempo periode Mei 2024 ini yakni, pada tanggal 9 Mei 2024 air danau kawah berubah warna dari hijau tosca menjadi abu-abu dan terlihat asap kawah berwarna putih dengan intensitas tipis.

Pada 12 Mei 2024 pukul 19.11 WIB terekam gempa embusan dengan amplitudo 30 mm durasi 45 detik. Visual tidak teramati.

Selanjutnya 15 Mei 2024 air danau kawah berubah warna dari abu-abu menjadi hijau tosca. Kemudian tanggal 17 Mei 2024 air danau kawah kembali berubah warna dari hijau tosca menjadi abu-abu.

Lalu pada 27 Mei 2024 pukul 04.06 WIB terekam gempa erupsi dengan visual berupa emisi asap di atas danau kawah berwarna putih hingga kelabu dengan ketinggian maksimal 500 meter di atas danau kawah dan lontaran material erupsi mencapai jarak maksimal 300 meter dari pusat kawah.

Berikutnya 31 Mei pukul 03.58 WIB terekam gempa erupsi dengan visual berupa emisi asap berwarna putih hingga kelabu dengan ketinggian maksimal 200 meter di atas danau kawah.

Ia mengimbau agar masyarakat, pengunjung/wisatawan tidak mendekati dan bermalam (camping) di pusat aktivitas kawah Marapi-gunung Dempo dalam radius 1 km, serta arah bukaan kawah sejauh 2 km ke sektor utara, mengingat kawah sebagai pusat letusan dan gas-gas vulkanik yang dapat membahayakan bagi kehidupan.

“Masyarakat sekitar Gunung Dempo diimbau agar tetap tenang, beraktivitas seperti biasa, tidak terpancing isu-isu tentang erupsi Gunung Dempo,” katanya. (ant)