Prabowo Subianto : Makan Bergizi Gratis Tidak Satu Pola Saja, akan Sesuai Tipologi Daerah

by -119 Views

Jakarta – Prabowo Subianto, president terpilih untuk periode 2024-2029 ingin melaksanakan program pemberian makanan bergizi gratis untuk anak-anak sekolah dengan efisien tanpa adanya kebocoran.

Cara untuk mewujudkan hal tersebut akan dibahas secara detail dalam wawancara eksklusif Prabowo oleh tvOne dengan tema “Prabowo Subianto Bicara Untuk Indonesia” yang akan ditayangkan pada Rabu, (22/5) malam.

Prabowo menyatakan bahwa anggaran untuk program makanan bergizi untuk siswa sudah dihitung dan ia yakin dapat melaksanakannya.

“Kita sudah menghitung bahwa kita mampu, masalah organisasi, belum tentu kita pikirkan, apakah kita memerlukan kementerian khusus atau badan saja, saya rasa bukan masalah organisasi tapi yang terpenting adalah skema dan sistemnya, sampai mampu diwujudkan untuk anak-anak dengan tepat,” jelas Prabowo.

Prabowo juga menekankan bahwa ia akan berusaha agar tidak ada kebocoran dalam pelaksanaan program tersebut di pemerintahannya kelak.

“Sudah lama saya bicarakan masalah ini, bahwa sebagai bangsa kita menyadari adanya banyak kebocoran. Sekarang, bagaimana kita bisa membuat skema yang efisien dan baik, tanpa adanya kebocoran sampai ke anak-anak kita,” ujar Prabowo.

Terkait dengan pembagian susu gratis untuk anak-anak di seluruh Indonesia, akan disesuaikan dengan tipologi daerah masing-masing.

Sebagai contoh, Prabowo menyebutkan daerah di Maluku Barat Daya, Pulau Moa yang memiliki produksi susu kerbau yang cukup melimpah. Sehingga, tidak sulit untuk mendapatkan susu yang bisa dikonsumsi oleh anak-anak di daerah tersebut.

Namun, di daerah lain yang sulit mendapatkan susu, bisa difokuskan pada pembagian bahan pangan bergizi seperti ikan dan telur.

Prabowo menekankan bahwa pembagian makanan bergizi dan susu gratis akan disesuaikan dengan tipologi daerah masing-masing.

“Kita harus menyesuaikan dengan tipologi dan kondisi daerah yang berbeda-beda. Kita tidak boleh menyamaratakan pola di seluruh Indonesia, karena setiap daerah memiliki karakteristik yang berbeda. Yang penting, anak-anak kita mendapatkan makanan bergizi. Itu adalah tujuan kita,” tutup Prabowo.

Source link