BNPB: Akses Jalan Nasional Mamasa-Mamuju Putus karena Terhalang Tanah Longsor

by -68 Views

Jumat, 24 Mei 2024 – 12:57 WIB

Jakarta – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan bahwa akses jalan nasional yang menghubungkan Kabupaten Mamasa-Mamuju, Sulawesi Barat masih terputus karena tanah longsor.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam laporan yang diterima di Jakarta, Jumat, 24 Mei 2024, menyatakan bahwa kerusakan akses jalan tersebut terjadi setelah daerah tersebut dilanda tanah longsor pada pukul 15.30 Wita, Selasa, 21 Mei.

Tim Pusdalops BNPB juga memberitahukan bahwa saat ini jalan dari Kecamatan Bambang ke Mambi juga terputus total sehingga tidak dapat dilalui oleh kendaraan, baik roda dua maupun empat.

“Data sementara menunjukkan bahwa ada sekitar 1.270 warga yang masih mengungsi akibat tanah longsor di Kabupaten Mamasa,” ujar Abdul Muhari.

Tim petugas gabungan yang terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI/Polri, dan Basarnas terus memprioritaskan penyaluran bantuan logistik kepada para korban selama proses normalisasi pascabencana.

BNPB optimis bahwa upaya penanganan dampak bencana dapat dilakukan dengan cepat setelah Bupati Mamasa menetapkan Status Tanggap Darurat Tanah Longsor melalui surat No. 360/KPTS-111/V/2024 yang berlaku selama 14 hari ke depan.