Enabling Priority Targets: Positioning SOEs at the Forefront of Economic Growth

by -65 Views

Oleh Prabowo Subianto, petikan dari “Strategi Transformasi Nasional: Menuju Indonesia Emas 2045,” halaman 210, edisi cetak keempat.

Saya yakin bahwa untuk inisiatif strategis, pemerintah harus menempatkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di garis depan, bertindak sebagai agen utama untuk implementasi. Strategi ini telah berhasil digunakan oleh banyak negara. Singapura dan China, dengan 150.000 BUMN-nya, adalah bukti kesuksesan. Indonesia harus mengikuti jejak mereka.

Oleh karena itu, penting bagi BUMN kita untuk menarik dan mempekerjakan manajer, insinyur, dan anggota dewan yang berbakat.

Sulit dipercaya bahwa tidak ada individu berbakat di Indonesia. Apakah kita tidak percaya pada bangsa kita sendiri? Yang sering terjadi adalah banyak orang yang hanya belum diberi kesempatan.

Mengingat pengalaman saya di militer, ada maksim yang diakui secara universal: “Tidak ada prajurit yang buruk, hanya ada komandan yang buruk.”

Masalah sebenarnya seringkali terletak pada kepemimpinan yang buruk. Dengan bimbingan yang efektif, saya yakin bahwa generasi muda dan para profesional kita dapat berhasil. Ini adalah sesuatu yang saya percayai dengan tegas dan sudah saya lihat terbukti berkali-kali.

Source link