IPO BUMN MIND ID dan Pelindo Akan Dilakukan dalam Waktu Dekat

by -175 Views

Jumat, 5 April 2024 – 18:38 WIB

Jakarta – Pemerintah kabarnya akan segera melepas saham MIND ID dan Pelindo ke publik (Initial Public Offering/IPO). Saat ini, rencana IPO kedua BUMN tersebut masih dalam tahap pembahasan. Hal ini disampaikan oleh sumber VIVA pada Jumat, 5 April 2024.

MIND ID adalah perusahaan induk pertambangan yang terdiri dari PT Bukit Asam Tbk, PT Aneka Tambang Tbk, PT Timah Tbk, PT Freeport Indonesia, dan PT Inalum. Sebelumnya, Inalum telah dilaporkan akan segera melakukan IPO. Langkah ini diperkuat dengan pemisahan (spin off) Inalum dari induknya MIND ID pada bulan Maret lalu.

Namun, menurut sumber tersebut, valuasi Inalum dianggap terlalu kecil sehingga berpotensi tidak diminati investor. Sebaliknya, MIND ID, sebagai perusahaan induk, memiliki valuasi yang jauh lebih besar. Terutama setelah pada akhir Februari lalu, MIND ID resmi meningkatkan kepemilikan di PT Vale Indonesia Tbk (INCO) menjadi 34% dari sebelumnya 20%.

Pertimbangan tersebut membuat opsi untuk melepas saham MIND ID ke publik menjadi lebih prospektif. “Dia (MIND ID) memiliki saham Freeport dan Vale, saham perusahaan besar, sehingga lebih menarik. Sedangkan Inalum dianggap terlalu kecil,” ujar sumber tersebut.

Sumber tersebut juga menambahkan bahwa selain MIND ID, pemerintah juga sedang mempersiapkan rencana untuk melakukan IPO terhadap BUMN pelabuhan PT Pelindo. Perusahaan induk BUMN di sektor jasa pelabuhan ini dinilai memiliki skala yang besar. “Bagi investor asing, mereka lebih tertarik pada perusahaan seperti pertambangan dan pelabuhan,” jelasnya.