40 RT dan 5 Ruas Jalan di Jakarta Masih Terendam Banjir

by -76 Views

Hujan deras menghantam Jakarta pada Rabu, 3 April 2024, menyebabkan banjir di beberapa wilayah. Data sementara hingga Kamis pagi, 4 April 2024 pukul 04.00 WIB, masih menunjukkan adanya genangan air di sejumlah wilayah.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jakarta mencatat bahwa 40 wilayah Rukun Tetangga (RT) dan 5 ruas jalan di Jakarta terendam banjir. Genangan air tersebut menurut BPBD Jakarta mengalami penurunan dari sebelumnya 41 RT menjadi 40 RT atau sekitar 0,131 persen dari total 30.772 RT. Selain itu, terdapat 5 ruas jalan yang masih tergenang di wilayah DKI Jakarta.

Hujan deras juga menyebabkan kenaikan status pos pantau sungai di Pesanggrahan menjadi siaga 3 atau Waspada, sementara pos pantau Sunter Hulu, Angke Hulu, Pintu Air Manggarai, dan Pintu Air Karet juga menjadi siaga 3. BPBD Jakarta bersama pihak terkait telah menerjunkan personel untuk memantau kawasan yang terkena banjir dan melakukan penyedotan terhadap genangan air guna memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik. Masyarakat Jakarta diimbau untuk tetap waspada terhadap potensi genangan air.

Data wilayah terdampak banjir antara lain 3 RT di Jakarta Barat, 7 RT di Jakarta Selatan, dan 30 RT di Jakarta Timur. Selain itu, terdapat juga 5 ruas jalan yang tergenang banjir. Beberapa wilayah yang sudah surut banjir juga disebutkan dalam laporan tersebut.

BPBD DKI Jakarta terus mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati menghadapi potensi genangan air.