Pentingnya Penguatan Peran Satgas Pangan dalam Menjaga Stabilitas Harga Beras

by -68 Views

Sabtu, 2 Maret 2024 – 16:47 WIB

Jakarta – Badan Urusan Logistik (Bulog) menjelaskan bahwa saat ini harga beras mulai stabil dan kembali normal. Hal ini disebabkan oleh pasokan beras ke Pasar Induk Johar Karawang yang mulai masuk dari Jawa Tengah yang sedang panen.

Oleh karena itu, Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polri diharapkan untuk diperkuat guna menjaga momentum penurunan harga beras seiring dengan bertambahnya pasokan dan panen. Anggota Komisi IV DPR RI, Firman Subagyo, menyatakan bahwa Satgas Pangan sangat penting dalam melakukan pengawasan terhadap komoditas pangan untuk menciptakan stabilitas harga.

Firman menambahkan bahwa Satgas Pangan perlu memiliki dukungan pemerintah dalam upaya stabilisasi harga pangan, terutama dalam menghadapi pihak-pihak yang memanfaatkan komoditas pangan strategis untuk kepentingan tertentu. Dia juga menekankan pentingnya pengelolaan distribusi beras impor dengan baik, terutama untuk daerah yang belum mengalami panen raya.

Direktur Utama Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi, menegaskan agar masyarakat tidak perlu khawatir akan kenaikan harga dan stok beras. Menurutnya, harga beras mulai stabil dan normal kembali karena pasokan beras dari Jawa Tengah mulai masuk. Dia juga menyatakan bahwa kebutuhan beras Indonesia pada 2024 telah terpenuhi hingga Juni mendatang.

Bayu menekankan bahwa stok beras saat ini aman untuk enam bulan ke depan dan masyarakat tidak perlu risau menjelang Ramadhan dan Idul Fitri. Harga beras premium dan beras medium juga mulai turun dan stabil, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan ketersediaan beras.