Jokowi Meminta Program Bantuan Sosial Dilanjutkan dengan Tetap Menarget Sasaran Yang Tepat

by -114 Views

Selasa, 9 Januari 2024 – 12:17 WIB

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan jajaran Kabinet Indonesia Maju untuk melanjutkan program pemberian bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat. Namun, pemberian tersebut harus tepat sasaran.

Hal ini disampaikan oleh Presiden Jokowi dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Selasa, 9 Januari 2024. Sidang Kabinet Paripurna kali ini terkait dengan peningkatan kinerja aparatur sipil negara (ASN) melalui layanan digital pemerintah yang terpadu.

“Mengenai bantuan sosial, perlu saya ingatkan harus diteruskan dan dipantau agar tepat sasaran, baik yang berupa bansos pangan, bantuan PKH (Program Keluarga Harapan), BLT (Bantuan Langsung Tunai), semuanya harus dipastikan tepat sasaran,” kata Jokowi.

Pada awal tahun 2024, Jokowi juga mengingatkan mengenai percepatan belanja Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten/Kota, APBD Provinsi, maupun Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) agar segera dipercepat dan dimulai.

Selain itu, Jokowi meminta agar stok pangan terus dijaga baik harganya maupun jumlah stok. Dia mengingatkan agar tidak terjadi kelangkaan dan kenaikan harga.

“Sehingga, ini perlu betul-betul dipantau di setiap kabupaten, di setiap provinsi agar stok yang ada bisa kita jaga dan harganya terjangkau masyarakat,” ujarnya.

Jokowi juga menekankan pentingnya ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) dan gas di setiap daerah. Dia meminta agar tidak ada kelangkaan gas karena masalah distribusi yang terganggu. Semua hal tersebut harus dipantau dan dilihat secara detail.