Pernyataan Lengkap SYL Setelah Diperiksa Terkait Kasus Pemerasan Setelah Firli Menjadi Tersangka

by -102 Views

Mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) selesai diperiksa terkait kasus dugaan pemerasan dalam penanganan kasus korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) pada tahun 2021. Pemeriksaan selesai dilakukan pada Rabu, 29 November 2023, pukul 21.00 WIB.

Setelah pemeriksaan, SYL memberikan komentar bahwa dia menjalani pemeriksaan lanjutan terkait kasus yang menetapkan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nonaktif, Firli Bahuri sebagai tersangka. SYL diperiksa mulai jam 14.00 WIB hingga selesai. Dia juga menyatakan bahwa apa yang ia alami, yaitu pemerasan, sudah disampaikan kepada penyidik.

SYL enggan mengomentari penetapan Firli sebagai tersangka dalam kasus pemerasan tersebut. Dia juga menyatakan bahwa apa yang dialaminya dalam kasus tersebut tidak bisa dijelaskan secara teknis. Sebelumnya, SYL juga akan membawa sejumlah dokumen untuk diperlihatkan kepada penyidik dalam pemeriksaan kasus dugaan pemerasan terhadapnya.

Polda Metro Jaya menetapkan Ketua KPK, Firli Bahuri sebagai tersangka kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dalam penanganan kasus korupsi di Kementerian Pertanian tahun 2021.