Pemerintah yang Mampu Membangun Masyarakat Tenang

by -151 Views

Muara Enim – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni menyampaikan pentingnya aspek budaya dan adat di daerah dapat dijaga. Menurut Fatoni, hal tersebut sangat penting agar pembangunan tidak meninggalkan nilai-nilai budaya dan adat di daerah tersebut.

Agus menyampaikan hal tersebut ketika menerima gelar adat ‘Meraje Emban Adat’ dari warga Kabupaten Muara Enim. Gelar tersebut diberikan langsung oleh Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali dan Ketua Adat Kabupaten Muara Enim H. Burtiham.

Fatoni menekankan bahwa pemberian gelar adat merupakan tanggung jawab untuk tetap menjaga nilai-nilai budaya dan adat di Kabupaten Muara Enim. Dia mengaku bahwa gelar tersebut juga menjadi motivasi untuk berjuang memajukan Kabupaten Muara Enim dan Provinsi Sumsel secara umum.

“Adat istiadat ini perlu terus kita pelihara, ini penting agar pembangunan itu tidak meninggalkan adat budaya yang ada di daerah kita,” kata Fatoni.

Dia juga menuturkan bahwa kondisi warga di Kabupaten Muara Enim sangat kondusif, dan mengajak warga setempat agar tetap mempertahankannya.

“Dengan situasi yang seperti itu, masyarakatnya akan tenang, pemerintahnya juga bisa membangun,” ujarnya.

Fatoni juga menambahkan bahwa Pemerintah Provinsi Sumsel juga mendukung penuh lembaga atau pemangku adat untuk terus mengembangkan adat budaya yang sudah ada.

Dalam kesempatan yang sama, Pj Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumsel, Tyas Fatoni, juga mendapatkan gelar ‘Ibungan Meraje Emban Adat’.

Sementara itu, Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali mengatakan bahwa pemberian gelar adat kepada Pj Gubernur dan istri sebagai rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Muara Enim ke-77.

Penganugerahan gelar adat ini merupakan bentuk rasa cinta, bangga, dan bahagia dari seluruh masyarakat Kabupaten Muara Enim dalam menyambut kehadiran Gubernur.

Artikel Asli: https://www.viva.co.id/berita/nasional/1489924-pj-gubernur-sumsel-tegaskan-pentingnya-lestarikan-budaya-dan-adat-di-daerah