Penerapan Material Ramah Lingkungan dalam Pembangunan di IKN

by -138 Views

Sabtu, 4 November 2023 – 08:29 WIB

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menerapkan material dan desain ramah lingkungan dalam pembangunan proyek-proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Hal ini diungkapkan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

“Di IKN, kita mengaplikasikan conblock ramah lingkungan yang dapat meresap air di kawasan perumahan menteri,” ujar Basuki, Sabtu, 4 November 2023. Kementerian PUPR juga memanfaatkan desain-desain ramah lingkungan dan cerdas untuk pembangunan rumah di IKN Nusantara. “Kalau desain-desain rumah hijau dan cerdas saat ini dimanfaatkan di IKN juga. Masih banyak hal lainnya yang kita aplikasikan,” kata Basuki.

Sebagai informasi, menurut Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 63 Tahun 2022 tentang Perincian Rencana Induk Ibu Kota Nusantara, visi Ibu Kota Nusantara adalah “Kota Dunia untuk Semua”. Pembangunan dan pengembangan Ibu Kota Nusantara menerapkan tata kelola berstandar global, menjadi mesin penggerak bagi Kalimantan, dan menjadi pemicu penguatan rantai nilai domestik di seluruh Kawasan Timur Indonesia.

IKN Nusantara harus menjadi contoh pengembangan kota yang hijau dan berkelanjutan yang didorong oleh penerapan teknologi terkini. Dengan mengacu pada visi dan tujuan utama, pembangunan Ibu Kota Nusantara dalam jangka panjang didasarkan pada beberapa prinsip utama, seperti mewujudkan infrastruktur perkotaan dengan sistem sirkuler dan tangguh.

Pembangunan IKN Nusantara bertujuan untuk mencapai pembangunan berkelanjutan yang didasarkan pada tiga skala yang berbeda, yaitu Manusia (people) untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia, Tempat (place) sebagai lingkungan manusia yang tangguh, dan Bumi (planet) sebagai kontribusi untuk masa depan global yang berkelanjutan. (Ant)