Jokowi Menyampaikan Pesan Bahwa Dia Netral

by -140 Views

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengundang tiga bakal calon presiden yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo ke Istana Merdeka, Jakarta Pusat, pada hari Senin, 30 Oktober 2023 siang. Ketiga bakal calon tersebut diundang untuk makan siang bersama Jokowi.

Wakil Ketua Umum Partai Nasdem, Ahmad Ali, merespons undangan tersebut dengan baik. Menurutnya, undangan tersebut merupakan upaya positif dari Jokowi untuk menunjukkan netralitasnya dalam Pilpres 2024.

Ali menyebutkan bahwa sikap seperti itu memang harus dilakukan oleh Jokowi sebagai seorang negarawan. Dia harus memperlakukan semua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden dalam posisi yang sama.

Sebelumnya, telah dilaporkan bahwa Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo akan bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana. Pertemuan tersebut direncanakan pada siang hari Senin, 30 Oktober 2023.

Sekretaris Jenderal Partai Nasdem, Hermawi Taslim, membenarkan rencana pertemuan tersebut. Dia menyebut bahwa Presiden Jokowi telah menyatakan dukungannya kepada ketiga pasangan calon tersebut demi kebaikan bangsa. Pertemuan tersebut dianggap sebagai wujud dukungan tersebut.

Hermawi juga menyebut bahwa pertemuan ini dilakukan tanpa didampingi oleh calon wakil presiden masing-masing pasangan calon.

Sumber: https://www.viva.co.id/berita/politik/1493753-jokowi-undang-3-capres-makan-siang-nasdem-ini-tanggapannya